Wednesday 29 June 2016

Cara Tetap Sehat Pada Usia Lanjut


Tetap berprestasi pada masa tua adalah harapan setiap insan, baik individu itu sendiri maupun keluarga dan kerabatnya. Namun demikian, tidak semua harapan dapat diwujudkan dengan mulus. Harapan yang demikian pernah dikemukakan oleh seorang gerontolog dari Amerika yang mengatakan, ''Not only add years to life, but also add life to years" atau jangan hanya menambah tahun pada kehidupan, tetapi juga menambah kualitas kehidupan pada tahun-tahun yang dilalui.

Dengan berkurangnya malnutrisi dan penyakit infeksi karena peningkatan sosial ekonomi masyarakat sehingga standar hidup menjadi lebih baik serta adanya kemajuan ilmu dan teknologi, termasuk teknologi kedokteran, harapan hidup manusia menjadi lebih panjang dan umur rata-rata penduduk menjadi lebih tua. Penambahan harapan hidup sampai usia lebih tua tanpa peningkatan kualitas hidup tentunya tidak cukup, karena hanya akan menambah panjang penderitaan bagi individu tersebut maupun keluarga dan masyarakat, baik ditinjau dari segi budaya, sosial, maupun ekonomi.

Bertambahnya usia akan disertai dengan kemunduran kemampuan psikis dan fisik. Berbagai penyakitpun mulai bermunculan. Keadaan seperti itu sangat tidak diharapkan. Karena itu, kita harus meningkatkan kualitas hidup pada usia lanjut. Pada kenyataanya, masih banyak orang usia lanjut yang mempunyai keinginan dan harapan-harapan yang ingin dicapi.

Untuk itu, kelompok usia lanjut perlu mempunyai kesegaran jasmani, gizi yang tepat, dan kesehatan yang memadai untuk tetap dapat melakukan kegiatan yang aktif, bermanfaat, dan mandiri.

BACA SELANJUNYA

No comments:

Post a Comment