Sunday 26 June 2016

Cara perawatan kulit muka atau wajah dengan menghilangkan jerawat


Penyakit jerawat atau kukul yang biasanya menjangkit pada anak muda, baik pria maupun wanita. Jerawat ini rasanya tidak sakit, tetapi bagi yang terjangkit penyakit ini bisanya merasa malu dan berusaha untuk menghilangkanya.
Penyakit ini disebabkan, antara lain :
  1. Kurang keluarnya keringat.
  2. Karena darah kotor. 
  3. Karena terpengaruh alcohol disebabkan kosmetik yang tidak cocok.
  4. Terlalu banyak makan zat minyak atau yang mengandung lemak, umpamanya : kacang, kedelai, kwaci, susu dan sebagainya.
Cara merawat kulit muka/wajah, terutama yang berjerawat ada dua macam :
  1. Pembersihan yang diikuti oleh penyegaran.
  2. Perawatan dengan memakai bedak dingin.
Cara perawatan kulit muka dengan penyegaran.
  • Kalau akan tidur kulit muka kita gosok-gosok dengan isrisan tomat atau dengan irisan mentimun, atau lebiih bagus lagi mentimun diparut dicampur dengan sedikit air, kemudian disaring dengan kain yang tipis. Akhirnya, kita akan peroleh air mentimun. Air mentimun tersebut diusapkan/disapukan pada kulit muka kita dengan kapas sehingga merata.
  • Paginya bangun tidur kita ambil handuk kecil, kemudian kita masukkan air hangat dan diperas sedikit, kemudian usapkan pada wajah yang telah digosok dengan air mentimun tersebut. Air hangat gunanya untuk menghilangkan lemak - lemak pada kulit muka.  Kemudian ambil handuk kecil lagi dan masukkkan kedalam air es. Caranya juga sama, handuk tersebut diperas sedikit kemudian usapkan pada wajah yang telah disapu dengan air es tersebut. Air es berguna untuk merapatkan pori - pori pada kulit muka.
Cara perwatan kulit muka dengan memakai bedak dingin.
Bedak dingin bentuknya ada dua macam, yaitu :
  1. Bulat kecil - kecil seperti telur cecak.
  2. Masih berupa tepung.
Cara pemakaianya.

Bagi yang berbentuk seperti telur cecak, kita ambil satu atau dua butir, diremas - remas dengan sedikit air, kemudian dibedakkan pada kulit muka kalau akan tidur.
Unruk bedak yang merupakan tepung ambil setengah sendok teh kecil, juga dicampur sedikit air dibedakkan pada kulit muka hingga mearata kalau akan tidur.
Rasanya pada kulit, segar, dingin berbau sedap dan harum, karena ada ramuan tradisional. Paginya kulit muka kita cuci dengan air biasa sehabis itu rasakan dah manfaatnya.

No comments:

Post a Comment